Loading...
Blogs  

Autobiografi 2023

Thumbnail Autobiografi Raul

Autobiografi Raul Ilma Rajasa 2023

  

Perkenalan

Saya Raul Ilma Rajasa biasa dipanggil Raul. Saya berdomisili di Balikpapan, Kalimantan Timur, tetapi saat ini tinggal di Surabaya karena sedang mengemban pendidikan di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Saya lahir di Karanganyar, Solo pada tanggal 29 September 2002.

  

Keluarga

Keluarga Raul Ilma Rajasa

Saya tumbuh dan besar di Kota Balikpapan. Saya merasa sangat beruntung karena saya memiliki dua orang tua yang sama-sama berprofesi sebagai dokter yang sangat mendukung minat, bakat, dan pilihan saya selama ini. Ibu saya merupakan seorang dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi atau dikenal juga Obgyn di tiga rumah sakit dan poliklinik di Balikpapan, yakni Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), Poliklinik Ibnu Sina Balikpapan, dan juga Rumah Sakit Bersalin Sayang Ibu. Ayah saya (yang kerap saya panggil sebagai `abah`) merupakan dokter umum yang sedang bekerja sebagai dokter jaga di Pertamina Hulu Mahakam, Total, Balikpapan. Selain menjadi dokter umum, ayah saya juga pernah membuat channel YouTube yang sering membagikan ilmunya dengan topik Covid-19 dengan nama channel `Dokter Pot` serta memiliki bisnis di bidang skincare dan kecantikan, yaitu Alia Aesthetic Clinic.

  

Riwayat Diri

Hobi saya cenderung berubah-ubah dari SD hingga SMP. Saat SD di SDIT Al-Auliya Balikpapan, hobi saya bermain sepak bola, sedangkan saat SMP di SMPIT Al-Auliya Balikpapan, hobi saya adalah mengeksplorasi dunia IT. Pada masa SD, saya memiliki cita-cita sebagai dokter – ingin mengikuti jalan yang telah dilalui kedua orang tua saya, sesuai apa yang kedua orang tua saya inginkan pada waktu itu. Namun, pada masa SMP, tepatnya pada tahun 2014, secara kebetulan saya bergabung dengan komunitas IT online yang mendorong saya untuk mempelajari dunia IT lebih banyak. Komunitas IT yang saya temui secara tidak terduga, saya anggap sebagai jendela awal menuju dunia IT yang begitu luas. Sejak saat itu, saya mempelajari bahasa pemrograman untuk pertama kalinya, Python, salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi, secara autodidak melalui buku, e-book, dan internet. Dalam komunitas itu juga, saya sempat diajarkan membuat aplikasi situs dasar – hasil interaksi antara Python dan Django Web Service dengan bantuan dari platform untuk DevOps gratis pada masanya, yaitu Red Hat Openshift. Menurut saya, masa SMP adalah masa yang paling krusial dalam menentukan masa depan yang akan saya hadapi. Terhitung sejak SMP, saya telah mempelajari cukup banyak bahasa pemrograman, mulai dari Python untuk Artificial Intelligence Bot (Chatango, Discord, dan lainnya), C# untuk Game Development (Unity Scripting), Python dan PHP sebagai backend dari situs gratis yang pernah saya buat, serta Pascal & VBA untuk aplikasi dan game dasar, seperti Calculator, Tetris, maupun Snake. Selain itu, saya juga sempat mencoba membuat template blogger dengan menggunakan bahasa pemrograman front-end seperti HTML, Java Script, dan sentuhan desain dari CSS.

Saya memasuki SMA yang terdekat dari rumah saya, yaitu SMAK Harapan Bangsa Balikpapan. Saya merupakan murid angkatan pertama di sekolah tersebut. Saat pertama kali memasuki sekolah tersebut, saya cukup kaget dengan kurikulum Cambridge yang dipakai di sana. Saya yang awalnya berpikiran untuk bersantai-santai saja di masa SMA – pikiran tersebut langsung pupus. Bahasa sehari-hari yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar ialah bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang digunakan juga terstandardisasi dari British, sehingga membuat saya kewalahan dalam mengolah informasi dari buku pegangan yang diberikan dari sekolah tersebut. Setelah melalui satu semester, saya mulai terbiasa menghadapi kesulitan yang saya alami sebelumnya. Dengan adanya kesulitan yang saya lalui dengan penuh kerja keras dalam satu semester, menunjang semangat saya untuk meningkatkan performa secara akademik. Meskipun standar mata pelajaran bahasa Inggris sekolah saya sekelas dengan sekolah di Cambridge, saya berhasil lulus dengan rata-rata yang cukup tinggi. Alhasil, nilai-nilai saya membaik tiap semester dan sering ditawarkan untuk mewakili sekolah dalam olimpiade-olimpiade yang diselenggarakan oleh PTN di Kalimantan Timur. Dengan kerja keras dan konsistensi, saya berhasil mengharumkan nama sekolah dengan kemenangan-kemenangan yang saya raih dalam bidang matematika, fisika, dan kimia tingkat Provinsi Kalimantan Timur mengalahkan SMA terfavorit se-Balikpapan, SMAN 01. Di sisi lain, saya tetap persisten dalam menjaga hobi mengeksplor dunia IT hingga masa SMA usai. Saya telah menciptakan satu 2D Trade Card Game untuk lomba Technopreneur bernama Throna: The War of Worlds dan dua film pendek dalam Gramedia Short Film Festival berjudul Grace dan Dear Diary selama saya masih SMA. Bukan hanya dunia pemrograman saja yang ingin saya kuasai, tetapi bidang IT lainnya, seperti desain dan perfilman yang juga menarik bagi saya, terutama dalam editing dan 3D-modelling, karena sangat penting dalam Software and Game Development.

  

Kompetensi Diri

Saya adalah orang yang selalu berusaha menerapkan growth mindset, passion yang tinggi, dan ketekunan dalam kehidupan sehari-hari. Saya selalu berusaha menerapkan nilai-nilai kerja keras, kejujuran, ketangguhan, rasa ingin tahu untuk mempelajari hal-hal baru, konsistensi, dan efisiensi. Saya juga melakukan yang terbaik untuk menjadi seorang profesional, jadi saya selalu berusaha untuk menyelesaikan semua tanggung jawab saya dengan etos kerja yang baik, komunikasi, dan tindak lanjut pada SOP. Saya aktif mengikuti kompetisi regional, nasional, dan internasional dalam acara bertema teknologi dan sains. Saya dapat berkolaborasi dengan tim atau bahkan bekerja secara individu. Saya juga memiliki pengalaman dalam membangun tim, pitching, pengembangan produk berbasis perangkat lunak, pemasaran digital, dan operasional dalam membangun bisnis atau startup.

  

Prestasi

Prestasi Raul Ilma Rajasa

Saya telah berpartisi di lebih dari 20 perlombaan selama 5 semester berkuliah ini. Perlombaan yang saya ikuti kebanyakan di bidang IT, seperti pengembangan game (game development), Internet of Things (IoT), IT Technology Innovation, Business Tech Competition, hingga karya tulis ilmiah dengan tema IT. Berikut merupakan list penghargaan yang telah saya raih di bidang perlombaan terkait IT:

  1. 1st Place, Applied-Technology Division of KMI (Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia) Expo - P2MW 2022, National Level
  2. 1st Place, Private Sector of IdenTIK (Indonesia Enterpreneur TIK) 2022, National Level
  3. 3rd Place, ICT Scientific Paper of IT Convert Indonesia 2022, National Level
  4. 1st Place, Quadrathlon Game Development 2021, College Level
  5. 1st Place, Applied-Technology Division of KMI (Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia) Expo - P2MW 2021, National Level
  6. 3rd Place, Sebelas Maret International IoT Challenge 2021, International Level
  7. 2nd Place, ARA KTI Internet of Things 2021, National Level
  8. 3rd Place and Most Favorited Innovation, Baronas 2021, National Level
  9. 1st Place, Quadrathlon Game Development 2020, College Level
  10. Finalist, Pekan Inovasi Pelajar Nasional (PINPENAS) 2021, National Level
  11. Finalist, Catalyst Chamber 2021, National Level
  12. Finalist, INFORSARY UI/UX Competition, National Level
  13. Finalist, LITE IoT 2022, National Level

  

Project

Berikut merupakan list project yang sudah pernah saya kerjakan beserta peran dan tech-stack yang saya gunakan:

  1. Green The Way - Android Game (2020): Peran saya di sini adalah sebagai full-stack game developer dan team leader. Tech Stack & Software yang Digunakan: Unity, C#, Blender, Adobe Illustrator, Audacity
  2. Binjai Invasion - Android Game (2021): Peran saya di sini adalah sebagai full-stack game developer dan team leader. Tech Stack & Software yang Digunakan: Unity, C#, Firebase Realtime Database, Blender, Adobe Illustrator, Audacity
  3. INCLUDE-C19 (Intelligence Camera System for Covid-19 Detection) - Web (2021):Peran saya di sini adalah sebagai full-stack web developer dan CTO. Tech Stack & Software Used: HTML, CSS, Javascript, Bootstrap, Firebase Auth & Realtime Database, cPanel.
  4. AMSW - Web (2022): Peran saya di sini adalah sebagai back-end web developer. Tech Stack & Software yang Digunakan: Laravel, MySQL - phpMyAdmin, Bootstrap, NGINX, DigitalOcean.
  5. Sibakso App - Web (2022): Peran saya di sini adalah sebagai back-end developer, front-end & back-end API integrator, DevOps, dan project manager untuk manajemen waktu, SDM, hingga quality control. Tech Stack & Software yang Digunakan: Laravel, React.js, MySQL - phpMyAdmin, TailwindCSS, cPanel, Postman, Google Lighthouse.
  6. Sportiverse - Metaverse Game (2022): Peran saya di sini adalah sebagai team leader, full-stack web developer, 3D Blender modeler, dan juga Roblox Lua programmer.
  7. TXA-1A Drone Monitoring - Web (2022): Tech Stack: Laravel, Firebase Auth & Realtime Database, MySQL, phpMyAdmin, Bootstrap
  8. TXA-1A Drone Simulation - Android App (2022): Tech Stack: Unity, C#, Firebase Realtime Database, Blender
  9. UAVITS - Web (2022): Peran saya di sini adalah sebagai front-end web developer. Tech Stack & Software yang Digunakan: React.js, Axios, Chart.js, MongoDB, Postman
  10. InCrane (Industrial Internet of Things for Crane) - Web (2022):Peran saya di sini adalah sebagai full-stack web developer & DevOps. Tech Stack & Software yang Digunakan: Laravel, Firebase Auth & Realtime Database (1st Iteration), MySQL - phpMyAdmin (Iterasi Kedua), Bootstrap, Chart.js, cPanel.
  11. Rendora - Three.js 3D Web Game (2022):Peran saya di sini adalah sebagai back-end developer dan game-mechanic programmer.
  12. KRI Attendance - Web (2022):Peran saya di sini adalah sebagai back-end web developer dan database system manager using Firebase. Tech Stack & Software yang Digunakan: HTML, CSS, Javascript, Firebase Auth & Realtime Database, Html5QrcodeScanner1

  

Hobi Terkini

Hobi Raul Ilma Rajasa

Hobi saya adalah mendengarkan musik, menonton film, bermain gitar, bernyanyi, serta mempelajari hal baru mengenai tech stack dalam pengembangan aplikasi maupun teknologi secara umum. Passion saya adalah dalam programming, business, internet of things, dan juga mengembangkan perangkat lunak sebagai full-stack developer dengan output berupa website, aplikasi mobile, maupun aplikasi game Android dan Desktop.

  

Proyeksi 1 Tahun ke Depan

Dari segi bisnis dan karir dalam satu tahun ke depan, saya ingin memperdalam passion saya di bidang Internet of Things (IoT), web development, dan juga mobile development dengan posisi sebagai Chief Technology Officer di PT Inteligensi Teknologi Indonesia (INCLUDE) dan sebagai Chief Executive Officer di PT Techiro Digital Academy. Dari segi materi, saya ingin meningkatkan nilai investasi saya di saham maupun reksadana. Hal ini dibutuhkan untuk menunjang kehidupan saya di masa depan nanti, berkontribusi kepada lingkungan sosial dengan bersedekah, serta dapat menjadi salah satu wujud untuk menggapai tujuan saya lainnya, yaitu untuk mendapatkan kebebasan finansial.

Dari segi pengembangan diri, dalam satu tahun ke depan, saya ingin mengembangkan skill IT saya dengan mengikuti bootcamp IT, studi independen, webinar, kuliah, magang, maupun berkontribusi di berbagai project. Dalam tempo waktu yang sama, saya juga ingin meningkatkan keahlian saya di bidang pengembangan web, devops, database management, android development, serta desain. Selain itu, saya juga ingin meningkatkan softskill dalam bernegosiasi, membangun tim (team building), hingga public speaking. Dari segi kesehatan, saya ingin dalam satu tahun ke depan, saya dapat menjadi pribadi yang lebih konsisten untuk melakukan gym serta menjaga pola makan dengan lebih baik lagi.

  

Pengalaman Paling Berharga 1 Tahun Terakhir

Pengalaman Berharga Raul Ilma Rajasa

Pengalaman paling berharga saya dalam satu tahun terakhir adalah ketika saya mengikuti kompetisi KMI (Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia) – P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) bidang teknologi terapan. Kompetisi ini berjalan dari bulan Februari hingga November di tahun 2022 silam. Pada bulan Februari-April, kami mempersiapkan proposal dengan ide yang tim saya bawa, yaitu InCrane (Industrial Internet of Things for Crane) yang mana merupakan kombinasi sistem pintar untuk sensor tekanan, getaran, maupun temperatur dari perangkat Internet of Things untuk memberikan notifikasi peringatan serta menganalisis kerusakan komponen kontainer port crane. Di tim tersebut, saya memiliki peran sebagai CTO (Chief Technology Officer) yang mana memiliki tanggung jawab dalam pengembangan teknologi yang ada pada sistem InCrane. Pada bulan April-Oktober dilakukan seleksi berdasarkan proposal dan ide yang telah dirancang beserta dengan pencairan dana bagi kandidat tim startup yang lolos di tahap selanjutnya. Salah satu tim yang berhasil mendapatkan pendanaan adalah tim InCrane. Setelah itu, pada tanggal 21-25 November dilaksanakan tahap KMI Expo Booth secara luring di UPN Veteran Jawa Timur, Surabaya. Di waktu itu, saya dan tim diwajibkan untuk menyusun booth dari startup kami, yaitu InCrane – sehingga kami harus menyiapkan prototype berupa website (yang saya kembangkan sendiri) dan juga perangkat hardware yang terdiri dari berbagai jenis sensor dan komponen. Pada tanggal 23 November, kami akhirnya melakukan presentasi final yang memaparkan mengenai ide InCrane, problem yang diangkat, solusinya, serta beberapa business metrics yang menjadi highlight dari apa yang kami sampaikan saat presentasi. Alhasil, pada tanggal 25 November, tim InCrane diumumkan berhasil meraih juara 1 dari ratusan finalis yang hadir pada bidang teknologi terapan – KMI 2022 kategori P2MW.

  

Mimpi 5 Tahun ke Depan

Mimpi dan cita-cita saya dalam 5 tahun ke depan adalah untuk bisa meraih omset ratusan juta untuk startup-startup yang saya kelola, menjadi salah satu nominee Forbes 30 Under 30, memberikan value yang signifikan terhadap masyarakat Indonesia maupun dunia, bisa lebih membanggakan dan membahagiakan orang tua, mampu memberikan rezeki dan menjadi berkat bagi orang-orang yang membutuhkan, serta membahagiakan orang yang dikasihi maupun orang yang selalu berada di sekitar saya.